8 Tip Memasak Pare Agar Rasa Pahit dan Getirnya Hilang -->

8 Tip Memasak Pare Agar Rasa Pahit dan Getirnya Hilang

8 Tip Memasak Pare Agar Rasa Pahit dan Getirnya Hilang.

8 Tip Memasak Pare Pahit dan Getirnya Hilang


ResepEma.my.id -  Siapa yang suka pare? Mungkin dari anda ada yang suka, tapi ada juga yang tidak suka karena rasanya pahit.

Pare adalah salah satu bahan sayuran yang berkhasiat tinggi. Dari jaman dahulu sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang mujarab dalam mengatasi dan mengobati serta melancarkan pencernaan.

Sayangnya seperti telah kami kemukakandi atas sayuran renyah dengan permukaan penuh tonjolan ini juga memiliki rasa pahit / getir yang sangat menonjol. Sehingga memang banyak orang yang enggan menyantap pare karena rasa pahitnya itu.

Dalam pare sebenarnya banyak mengandung vitamin dan mineral, sehingga sangat disayangkan jika kita tidak mencoba sayuran ini hanya karena rasanya yang pahit/ getir. kabar baiknya adalah bahwa rasa pahit pare bisa disamarkan dengan metode pengolahan yang tepat.

Nah untuk itu bagi yang tidak suka dengan rasa pahit  / getirnya pare, maka berikut adalah tips, cara memasak pare untuk menghilangkan rasa pahit dan getirnya.

1. Pemilihan pare

8 Tip Memasak Pare Pahit dan Getirnya Hilang
Jika kita ingin menghilangkan atau mengurangi rasa pahit dari pare adalah dimulai dari awal, yaitu pemilihan bahan. Bagaimana cara melilihnya? Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya diterapkan.

Pilih pare yang berukuran sedang

Sebagai informasi bahwa semakin besar ukuran pare, maka rasa pahit akan semakin terasa kuat. Jadi tahap awal, pemilihan pare adalah dengan membeli pare yang berukuran kecil atau sedang saja.

Pilih pare yang warnanya hijau tua

Jika dilihat dari warnanya, maka pilihlah pare dengan permukaan kulit yang memiliki warna hijau tua. Warna pare yang cenderung muda biasanya sudah mendekati matang atau tua karena pare yang matang biasanya memiliki rasa yang lebih getir.

 

2. Beri garam dan Remas-remas

Belah pare menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya berikut selaput putih yang menempel pada daging buahnya.

Selanjutnya iris-iris tipis daging buah pare, kemudian taburi garam. Dilanjutkan dengan meremas-remas irisan pare sampai layu. Jika sudah terlihat layu maka bilas pare dengan air mengalir, tiriskan, dan masak sesuai selera.

 

 

3. Remas-remas dengan Gula pasir

Selain Menambahkan garam, dapat juga diganti dengan menggunakan gula, sama halnya dengan garam maka gula pasir juga bisa dimanfaatkan untuk menetralkan rasa pahit pada pare.

Untuk caranya sama dengan metode yang menggunakan garam. Remas-remas pare yang telah dihilangkan biji dan selaputnya, kemudian iris tipis, lalu kemudian remas dengan gula pasir.

Teruskan sampai pare layu, kemudian bilas pare dengan air mengalir sampai sisa gula hilang. Tiriskan, kemudian masak pare sesuai selera.

4. Rebus dengan tanah liat

Kedengarannya sedikit aneh ya, namun tenang saja ini aman kok. Perebusan dengan tanah liat biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Trik yang sama juga bisa diterapkan untuk sayur pare.

Kamu bisa mendapatkan tanah liat untuk memasak di pasar tradisional. Ambil sedikit saja, kemudian rebus bersama pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya.

Setelah 3 menit, tiriskan pare dari air rebusan. Cuci dengan air mengalir, kemudian tiriskan kembali. Pare pun siap diolah menjadi tumis, siomay, atau masakan lainnya.

5. Rebus dengan daun jambu biji

Daun jambu biji selain bisa menambahkan warna cokelat pekat pada telur rebus, maka daun jambu biji ini bisa juga digunakan untuk menyamarkan rasa pahit pada pare. Sepatnya daun jambu akan menetralisir getir pare.

Caranya cukup mudah. Cukup mudah dengan cara, rebus pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya dengan beberapa lembar daun jambu biji selama 5 menit.

Jika telah selesai proses perebusan kemudian tiriskan pare dari air rebusan, selanjutnya lakukan pembilasan, dengan menggunakan air mengalir, lalu tiriskan kembali.

6. Olah dengan telur kocok

Diolah dengan cara menumis. Tumisan pare yang dipadukan dengan telur orak-arik biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Karena telur memang dapat dicampur dan bisa membantu menetralkan rasa yang terlalu tajam. Cocok dipadukan dengan pare yang getir.

7. Rebus dengan cuka, garam, dan gula

Selanjutnya merebus pare seperti acar atau Pickle, ini juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa pahit.

Caranya, siapkan secangkir cuka putih, kemudian tuangi 2 sendok makan garam dan 2 sendok makan gula pasir. Masukkan irisan pare yang sudah bersih dari biji dan selaput putih. Kemudian rebus selama 2 menit saja.

Tiriskan pare dari air rebusan, kemudian cuci di air mengalir. Dinginkan pare, kemudian olah sesuai selera.

8. Kombinasikan dengan bahan makanan yang memiliki rasa cenderung asin

8 Tip Memasak Pare Pahit dan Getirnya Hilang
Pare yang sudah melalui proses perebusan atau diremas-remas sampai layu akan lebih enak lagi jika dimasak dengan bahan makanan yang rasa asinnya kuat. Misalnya saja kecap asin, ikan, atau kacang kalengan yang direndam dalam air garam.

 

Demikian 8 Tip Memasak Pare Agar Rasa Pahit dan Getirnya Hilang. Pilih dan terapkan salah satu tips di atas sebelum mengolah pare menjadi masakan yang kamu inginkan.

Selamat Memasak

ResepEma.my.id


LihatTutupKomentar