Resep Lapis Legit Original Enak, Mudah Pembuatannya -->

Resep Lapis Legit Original Enak, Mudah Pembuatannya

Resep Lapis Legit Original Enak, Mudah Pembuatannya

Resep Lapis Legit Original Enak, Mudah Pembuatannya

Resepema.my.id – Lapis Legit yang merupakan salah satu jajanan pasar ini merupakan salah satu kue basah klasik dan sangat populer di Indonesia.

Memiliki rasa dominan yang manis dengan tekstur lembut berlapis-lapis dan padat selalu menjadi incaran dan wajib ada dalam hari-hari perayaan besar.

Dengan penampilan lapis legit yang cukup unik ini menjadikannya salah satu kue yang lumayan susah dibuat. Hal ini juga yang menjadikan harga lapis legit enak dan memiliki nilai emonomis yang cukup mahal, atau sering ada slogan, ada rasa ada harga. 

Bahkan lapis legit yang benar-benar enak bisa dibanderol tinggi hingga mencapai harga 1 juta rupiah.

Dengan tampilan yang cantik, manis dan harum, lapis legit bukanlah kue basah yang mudah dibuat. Untukmembuatnya diperlukan ketekunan serta ketelatenan dalam proses membuatnya. 

Proses pembuatan kue lapis legit bisa dibilang cukup lama, dapat memakan waktu hingga 6 jam! 

Sejarah Lapis Legit

Ternyata tidak ahanya manusia yang memiliki sejarah, lapis legit juga memilikinya. Sepertinya kita perlu mengulas agar kita mengetahui sedikit sejarahnya. 

Nama awal atau aslinya dari Lapis legit adalah Spekkoek, merupakan salah satu jenis kue basah yang terkenal di Indonesia. Pertama kali dibuat dan dikembangkan pada masa penjajahan kolonial Belanda di Indonesia, yang inspirasi nya daiambil dari kue lapis Eropa. 

Karena memiliki ikatan yang erat dengan bangsa Belanda maka Lapis legit dari Eropa kaya yang akan telur dan roombuter. Karena seperti diketahui, Belanda mewariskan banyak sekali ragam kuliner kepada Indonesia (bagaimana tidak 350 tahun kita dijajah Belanda).

Kata "spekkoek" sendiri dalam bahas Belanda, secara harfiah berarti kue daging babi. Hal ini karena lapisan-lapisan yang terbentuk pada lapis legit mirip dengan lemak babi. 

Pada awal pembuatannya, spekkoek diketahui sebagai bolu lapis oleh orang Indonesia. Akan tetapi berangsur-angsur berubah dan lebih dikenal dengan sebutan  lapis legit. 

Karena Belanda (Eropa) senang dengan rempah-rempah, maka resep spekkoek aslinya sangat kaya akan rempah-rempah. Namun karena orang Indonesia ada yang kurang menyenangi rempah akhirnya dimodifikasi agar lebih sesuai dengan lidah mereka.

Rempah-rempah yang ada dalam Lapis legit seperti: kapulaga, kayu manis, cengkih, bunga pala, dan adas manis sehingga rasa kue ini sangat khas dan kaya akan aroma rempah. 

Kue yang berbahan dasar kuning telur, tepung terigu, gula, dan mentega/margarin ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang lembut dan padat.

Adonan lapis legit dipanggang dalam oven secara bertahap, membentuk lapisan-lapisan yang umumnya berjumlah 18 hingga 30 lapis. 

Hal ini yang membuat lapis legit menjadi salah satu kue yang paling susuah dibuat. Butuh keterampilan dan keahlian agar hasil kue yang didapat bisa tersusun dengan rapi dan matang sempurna.

Ada beberapa cara untuk membuat Lapis legit ini diantaranya :

Resep dan Cara Membuat Lapis Legit Pertama

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kuning telur sebanyak 20 butir
  • Gula halus sebanyak 300 gram
  • Butter sebanyak 350 gram
  • Tepung terigu rendah protein sebanyak 60 gram
  • Susu bubuk sebanyak 20 gram
  • Bubuk spekuk sebanyak 1 sdt
  • Susu kental manis sebanyak 3 sdm

 Proses dan cara membuat lapis legit:

1.Ambil butter yang sudah di timbang/ditakar, campur dengan gula kemudian kocok hingga halus dan mengembang dengan kecepatan tinggi, dibutuhkan waktu +/- 10 menit.

2.Selanjutnya atur kecepatan menjadi lebih lambat, pecahkan telur kemudian masukkan teluh hanya kuningnya saja, satu persatu. Setelah kocokan merata selanjutnya masukkan susu kental manis, dan lanjutkan kocok hingga rata.

3.Sebelum dimasukan ke dalam adonan sebaiknya terigu diayak terlebih dahulu,lalu masukan terigu, susu bubuk dan bumbu spekuk, secara bertahap kedalam kocokan telur, aduk balik dengan spatula sampai rata.

4.Alasi Loyang  (saya menggunkana unukran 20X20X70) dengan kertas roti kemudian masukkan 1 sendok sayur adonan kedalam loyang 20x20x7 cm tersebut, kemudian ratakan. 

Lakukan pemanggangan di oven dengan api bawah suhu 180°C hingga berwarna kecoklatan, keluarkan dari oven lalu tekan-tekan permukaannya dengan punggung sendok atau alat penekan kue lapis.

5.Berikutnya, tuang lagi 1 sendok sayur adonan, ratakan kembali, sama seperti sebelumnya masukan ke dalam oven sampai berwarna kecoklatan, tekan-tekan lagi permukaannya. Ulangilah langkah tersebut sampai adonan lapis legit habis.

6.Pada adonan yang terakhir, pemanggangan dilakukan kurang lebih selama 15 menit sampai matang.

7.Setelah matang, keluarkan dari oven, dinginkan baru dipotong-potong.

8.Jadi deh, Selamat ya Anda sudah berhasil membuat Kue Lapis legit.


Baca juga : Kue Jajanan Pasar Tradisonal Khas Indonesia

Resep lapis legit original enak, mudah pembuatannya


Resep dan Cara Membuat Lapis Legit Kedua

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Margarin sebanyak 250 Gram / 16 Sdm
  • Sdm Butter sebanyak 250 Gram / 16
  • Tepung Terigu sebanyak 200 Gram / 13 Sdm
  • Sdm Gula Halus sebanayk 400 Gram / 26
  • Susu Bubuk Putih sebanyak 50 Gram / 2 Sachet
  • Susu Kental Putih sebanyak 120 Gram / 3 Sachet
  • Kuning Telur sebanyak 20 Butir
  • Putih Telur sebanyak 10 Butir
  • Bumbu Spekuk sebanyak 2 Sendok Teh
  • Vanili sebanyak 1 Sendok Teh

Proses dan cara membuat lapis legit:

1.Pertama kita siapkan wadah. Selanjutnya masukan Margarin, Butter, Gula Halus, Vanili dan Bumbu Spekuk. Selanjutnya aduk bahan tersebut menggunakan Mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit sampai rata dan mengembang.

2.Setelah rata dan mengembang, perlahan masukan Kuning Telur, lanjutkan pengadukan dengan mixer hingga menggembang. Selanjutnya tuangkan Susu Bubuk dan Susu Kental Manis, mixer kembali kurang lebih 10 menit lagi.

3.Siapkan satu wadah lagi, lalu mixer Putih Telur. Lakukan pengadukan dengan Mixer +/- selama 5 menit hingga putih telur ngembang berbusa dan kaku. Ambil busanya, masukan ke adonan utama. 

Catatan: Jika masih ada bagian putih telur yang cair dan tidak mengembang, jangan dimasukan dalam adonan utama.

4.Terakhir tambahkan Tepung Terigu pada adonan utama, lanjut mixer hingga mengembang atau sekitar 10 menit. Adonan untuk kue telah selesai.

5.Sediakan loyang dengan ukuran 18x18 cm, ambil sedikit margarin dan oleskan bagian bawah Loyang, lalu beri alas Kertas Kue. Untuk bagian pinggirnya, tidak perlu diapa-apakan.

6.Setelah Oven siap, masukan loyang dalam keadaan yang belum dituangi adonan / kosong ke dalam oven. Panaskan dengan suhu 200°C dengan Api Atas Bawah selama 10 menit. Buka, ambil loyang.

7.Siapkan Adonan Kue, ambil adonan dengan menggunakan sendok, kurang lebih 100 Gram atau tipis merata di atas loyang. Masukan ke dalam oven, tunggu kurang lebih 10-15 menit.

8.Setelah itu keluarkan Loyang dari oven, kemudian ambil kembali adonan menggunakan sendok seperti sebelumnya. Masukan oven, ubah menjadi pakai Api Atas Saja, lalu masak 10-15 menit. 

Catatan: Usahakan untuk mengaduk adonannya sebentar, setiap kali akan menuang atau menakar adonan kue,.

9.Dengan mengulangi terus Langkah 8, hinggahanya tersisa satu takaran. Jika kue terlalu mengembang, tekan perlahan pakai polisher cake yang telah dioleh margarin.

10.Keluarkan kembali loyang, lalu tuang kembali Adonan Kue seperti biasa. Masukan oven, lalu atur ke suhu 180°C dengan Api Atas Bawah. Masak selama 10-15 menit.

11.Setelah selesai, ambil Loyang dari oven, lalu tutup dengan kain bersih. Diamkan selama 6-24 jam. 

Nantinya pinggiran kue akan terlepas sendiri, kue bisa dikeluarkan. Selesai.

Catatan: Apabila setelah matang langsung dikeluarkan, maka kue akan sangat mudah hancur.


Demikianlah beberapa resep yang Resepema sampaikan, silahkan pilih mana yang menurut Anda lebih mudah.


Terimakasih.

Selamat memasak

Wassalam.


LihatTutupKomentar