Kue Jajanan Pasar Tradisonal Khas Indonesia -->

Kue Jajanan Pasar Tradisonal Khas Indonesia

Kue Jajanan Pasar Tradisonal Khas Indonesia

Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia

Resepema.my.id - Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia - Seperti halnya masakan, maka kue atau jajanan pasar merupakan jenis makanan (jajanan) yang banyak dan dapat dibeli hampir disetiap pasar tradisional yang kita kunjungi.

Dahulu jika kita mendatangi pedagang yang menjual jajanan pasar, dapat dipastikan kita dapat melihat beragam jenis jajanan (bentuk, warna, rasa), mulai dari yang rasanya manis hingga gurih.

Namun, Beberapa tahun kebelakang, di zaman yang serba modern ini, mungkin tidak seperti dahulu, akan tidak banyak jajanan pasar tradisional tersebut yang dapat kita jumpai.

Bagi generasi “Baby Boomers” , jajanan tersebut dapat kita nikmati bahkan sangat mudah karena setiap berkunjung ke pasar tradisonal pasti di jajakan di sana.

Namun saat ini yang sudah banyak "generasi Z", bahkan "generasi Alpha" sudah dirasakan mulai tergantikan dengan kuliner kekinian yang semakin menjamur, hal ini disebabkan karena sudah sangat terbukanya informasi, tidak terkeceuai untuk masalah jajanan ini.

Akan tapi jajanan pasar ini masih kita bisatemui kok dan jajanan pasar tradisional ini masih tetap eksis. Karena memang ada kegiatan acara tertentu ada yang perlu mengadirkan jajanan pasar.

Nah pada kesempatan artikel kali ini Resepema.my.id akan menghadirkan artikel jajanan tradisional Indonesia, yang mungkin dapat menambah wawasan seputar kuliner tradisonal Indonesia.

Berikut adalah macam-macam kue tradisional tersebut.


1. Kue Lapis Legit


Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisional Indonesia

Mengapa di beri nama lapis legit? Mungkin karena jajanan pasar ini terdiri dari beberapa lapis yang tersusun rapih dan memiliki rasa yang legit (manis) serta memiliki aroma bumbu yang harum yang tidak mudah basi ini memiliki. 

Kue ini terbuat dari adonan tepung dan telur. Untuk membuat lapais legit ini  memerlukan waktu dan membutuhkan sebuah sedikit ketelitian dalam membuatnya, karena kue ini memiliki 3 lapisan dan tidak bisa langsung dimasukan semua, melainkan lapis demi lapis. Dan setiap lapis memerlukan waktu untuk dilanjutkan pada lapisan keduanya dan seterusnya.


Resep Lapis Legit Original Enak, Mudah Pembuatannya


2. Getuk Lindri


Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia

Makanan khas tradisional Jawa ini bahan dasarnya dari singkong dan memiliki berbagai varian, namun yang akan bahas oleh Dapurema pada kesempatan ini adalah getuk lindri, varian dari getuk biasa. 

Dibuat dengan cara singkong digiling halus dengan gula pasir, dibubuhi pewarna makanan dan vanili dan setelah itu dicetak kecil-kecil memanjang dan dirapatkan memanjang ini serupa dengan mie hingga berbentuk memajang dengan ketebalan sekitar 2cm lebar 4cm, setelah itu dipotong-potong berbentuk panjang sekitar 5cm dan lebar 4cm.


5 Resep Getuk dan Cara Pembuatannya


3. Kue Klepon


Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia

Yang juga termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar ini adalah Klepon. Klepon merupakan kue tradisional Indonesia. Berbentuknya bulat seperti onde-onde, namun perbedaanya pada tekstur dan isi. 

Camilan tradisional ini dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola-bola kecil, diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. 

Setelah matang, klepon ini dibalurkan dengan kelapa parut. Tips untuk kamu yang belum pernah makan klepon, masukkan seluruh kue ke dalam mulut agar gula cairnya meleleh di dalam mulut. Sungguh nikmat, bukan?

11 Resep Klepon dan Cara Pembuatannya

4. Lopis


Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia


Kue Lopis berbahan dasar dari ketan yang disajikan dengan tambahan parutan kelapa dan gula merah cair. Lopis ini sering disebut dengan lupis (karena dialek mungkin) adalah makanan asli dari Jawa Tengah. 

Bentuk lupis jika diperhatikan dulunya berbentuk segitiga, namun karena terlalu sulit untuk dibungkus, akhirnya dibuat seperti lontong, bulat memanjang. 

Jajanan pasar satu ini biasanya dinikmati sebagai teman sarapan atau teman minum teh kala sore hari. Rasanya yang manis dijamin bikin ketagihan.

5. Onde-onde


Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia


Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia. Mudah ditemukan di pasar atau di pinggir jalan bersama gerobak gorengan. Onde-onde berbentuk bulat dengan taburan wijen putih di atasnya. Onde-onde merupakan makanan tradisional dari ketan dan tepung terigu yang diisi pasta kacang hijau lalu digoreng. Ukurannya juga bervariasi, dari yang cukup besar sampai yang mini langsung hap. Dan jajanan ini masih jadi primadona, loh.

6. Kue Cucur


Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia

Bentuknya bundar, kue cucur memiliki warna merah bata dengan rasa manis yang menggoda. Jajanan ini terbuat dari campuran gula aren dan tepung terigu yang digoreng. 

Dengan tekstur kue yang tebal di tengah dan tipis dipinggiran membuat kue cucur nampak seperti bunga lotus. Kue cucur cocok dimakan ketika sore hari disandingkan dengan teh manis. Nah, apalagi ketika hujan tiba, acara nongkrong sore bareng keluarga tentulah menjadi moment yang syahdu.

7. Lemper

Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia

Dengan dibungkus menggunkan daun pisang membuat rasa dan aromanya kian mantab. Lemper ini berbahan dasar ketandan dan biasanya diisi dengan abon atau cincangan daging ayam. 

Di pulau Jawa, jajanan pasar ini masih mudah ditemukan, biasanya juga digunakan sebagai jajanan untuk acara tradisional, seperti pernikahan.

Panganan ini biasanya digunakan untuk pengganjal perut sementara sebelum beralih ke makanan berat.

8. Cenil


Kuliner Kue Jajanan Pasar Tradisonal indonesia

Cenil berbahan dasar dari tepung kanji dan menggunakan kelapa parut dan gula untuk penyajiannya. Cenil ini berasal dari daerah Kebumen. 

Jajanan pasar ini bisa juga disajikan dengan gula merah cair atau dipadukan dengan ketan hitam. Meskipun tanpa isian gula merah cair seperti klepon, tapi cenil tetaplah enak.


LihatTutupKomentar