25 Resep Masakan -->

25 Resep Masakan

 25 Resep Masakan

25 Resep Masakan

Indonesia yang kaya akan budaya dan suku bangsa yang tersebar sdari sabang (Aceh) hingga mauroke (Papua). Disadari ataupun tidak maka akan banyak kita temui resep masakan yang sangat beraneka ragam, dengan cita rasa khas masing – masing daerah.


Jika kita browsing, maka saat ini banyak dijumpai ada resep-resep yang tentunya memang asli peniggalan leluhur / nenenk moyang namun tidak sedikit pula merupkan kreasi para jurumasak (Chef) atau yang akhirnya menjadikan resep masakan yang baru.


Dengan era yang seba digital dan hampir tidak ada batas negara untuk mengintip resep makanan yang ada di negara lain, maka tidak bayak juga resep yang ada saat ini adalah hasil perpaduan bumbu tersebut.


 Pada kesempatan ini ResepEma.my.id  akan merangkum beberapa resep yang mungkin diperlukan atau hanya sekedar untuk menmbah informasi terkait resep masakan.


1. Resep nasi goreng

Nasi goreng merupakan makanan yang sangat digemari oleh banyak kalangan juga. Sama halnya dengan nasi goreng telah banyak mengalami “evolusi” dengan hadirnya beberapa jenis nasi goreng yang ditawarkan.

Lebih rinci terkait resep Nasi Goreng silahkan Klik di sini.


2. Resep dan cara membuat salad buah

Waktu saya kecil hanya mengenal salad tradional yaitu gado – gado atau lotek. Dengan era keterbukaan informasi maka saat ini dapat kita jumpai berbagai jenis salad, ada salad buah dan sayuran serta untuk toping dapat beragam pula.

Lebih rinci terkait resep Salad Buah silahkan Klik di sini.


3. Resep Ayam Geprek

Dewasa ini jika kita membuka bowser untuk mencari pesan antar makan (grab food, Gofood dll) maka dapat dengan mudah dijumpai resto yang menawarkan Ayam geprek. Bahkan akhir tahun lalu ( Desember 2019 ) saat saya berkesempatan mengunjung kerabat di jawa timur, ternyata ayam geprek sedang booming, sehingga saya dapat melihat di pinggir jalan banyak resto yang bertuliskan salah satu menu utamanya adalah Ayam Geprek.


 Lebih rinci terkait resep Ayam Geprek silahkan Klik di sini.


4. Resep Soto

Banya daerah memiliki resep masakan yang satu ini, misalnya kita kenal Coto Makasar, Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Mie Bogor dan lainsebagainya.

Masing masing soto memiliki cita rasa yang khas sesuai dengan kebiasaan serta tentunya juga menyesuaikan dengan lidah penduduk asli. Ada yang pedas, ada yang menggunakan susu, pokonya banyak deh.

Lebih rinci terkait resep Soto silahkan Klik di sini.


5. Resep Ayam Kecap

Resep ayam yang satu ini memang cukup menggiurkan, ada yang dimasak basah artinya bumbu dan ayam langusng dijadikan satu dan diaduk, namun ada juga yang agak kering dan tidak berkuah yaitu dengan cara dibakar kemudian dilumuri dengan kecap yang telah diberi tambahan bumbu.

Lebih rinci terkait resep Ayam Kecap silahkan Klik di sini.


6. Resep Opor Ayam

Hidangan ini sangat sering dijumpai ketika terkait dengan hari besar, misalnya jika di hari raya Lebaran maupun Natal, maka ini sering menjadi ajang memberi/mengirim makanan ke tetangga, yah saling berbagi intinya dan in merupakan kegiatan yang baik dan budaya leluhur yang perlu dilestarikan.

Lebih rinci terkait resep Opor Ayam silahkan Klik di sini.


7. Resep Sayur Asem

Jika dihidangkan bersama tempe, ikan asin, sambal terasi makannya di bawah pohon rindang wah nikmat buanget. Sayur Asem memang menjadi salah satu pilihan menu makan siang yang nikmat untuk disantap.

Lebih rinci terkait resep Sayur Asem silahkan Klik di sini.


8. Resep dan Bumbu Ayam Bakar

Ayam Bakar juga merupakan lauk yang cukup digemari aroma harum dari asap bakarnnya sangat mengundang selera makan, terlebih jika sudah disantap. Bagi yang menyenangi rasa pedas anda dapat memintatambahan sambal (pasti ditambahin deh asal harga cabai tidak sedang melambung tinggi).

Lebih rinci terkait Ayam Bakar  silahkan Klik di sini.


9. Resep Sayur Lodeh

Sayur lodeh merupakan masakan khas nusantara, sewaktu saya kecil orang tua sering memasak sayur lodeh ini, selain bahan – bahan yang mudah di jumpai juga simple cara membuatnya

Lebih rinci terkait  Sayur Lodeh  silahkan Klik di sini.


10.Resep dan Bumbu Ikan Bakar

Ikan memang sangat lezat rasanya serta gurih alami, walau hanya diberi garam sedikit saja sudah terasa gurih dan nikmatnya, apalagi ini dengan diberi bumbu tambahan kemudian dibakar aromanya wow enyak sekali.

Lebih rinci terkait  Resep Ikan Bakar silahkan Klik di sini.


11.Resep dan Bumbu Rendang

Rendang adalah resep masakan asli dari propinsi Sumatera Barat – Padang. Memiliki cita rasa yang pedas dan kaya akan bumbu rempah. Siapa yang tak kenal makanan ini? Bahkan masakan ini sudah melanglang nuana ke manca negara.

Lebih rinci terkait  Resep Rendang silahkan Klik di sini.


12.Resep Perkedel Kentang

Perkedel banyak dijumpai di rumah makan, mulai dari warung kaki lima hingga restoran.  Perkedel ini berbahan dasar kentang, terkadang ada yang di tambah dengan daging sapi yang di cacah.

Lebih rinci terkait  Resep Perkedel silahkan Klik di sini.


13.Resep Semur

Semur merupakan makanan khas Nusantara terutama di pulau jawa. Dengan rasa yang dominan manis, karen dalam proses memasaknya cukup banyak menggunakan kecap manis.

Lebih rinci terkait  Resep Semur silahkan Klik di sini.


14.Resep Tongseng

Tongseng merupakan masakan yang bercita rasa nikmat, orang sering mengenalnya adalah tongseng kambing, akan tetapi sebenarnya banyak juga yang menggunakan daging sapi auatupun ayam.

Lebih rinci terkait  Resep Tongseng silahkan Klik di sini.


15.Resep Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan salah satu masakan khas dari Jakarta atau Betawi. Sangat nikmat di santap di pagi hari dengan tempe, semur, krupuk, bawang goreng. Wow Nikmatnya.

 Lebih rinci terkait  Resep Nasi Uduk silahkan Klik di sini.


16.Resep Nasi Liwet

Jika Anda pernah mencobanya pasti bias ketgihan karena rasanya yang tidak bias dilupakan.

Lebih rinci terkait  Resep Liwet Uduk silahkan Klik di sini.


17.Resep Rawon.

Rawonmerupakan makanan khas orang suku Jawa, sebenarnya hampir sama dengan soto, hanya sedikit beda pada penambahan salah satu bahan bumbu utamanya yaitu kluek,yang membbuat kuah Rawon menjadi sedikit gelap.

 Lebih rinci terkait  Resep Rawon silahkan Klik di sini.


18.Resep Ayam Rica rica

Awalnya apa itu rica-rica, yang dituliskan di belakang kata ayam. Ternyata setelah mencicipi resep ayam rica-rica, barulah mengerti, ternyata resep ini memiliki rasa yang pedas.

Lebih rinci terkait  Resep Ayam Rica-rica silahkan Klik di sini.


19.Resep Mie Ayam

Masakan ini sesuai namanya, menggunakan mie. Mie ayam ini merupakan makanan yang diadopsi dari negeri tirai bambu, Tiongkok. Mungkin hadir di Indonesia dari pedagang tiongkok yang melakukan perdagngan di Indonesia.

Makanan ini banyak digemari hampir disemua usia, terutama wanita.Rasanya yang gurih menambah memanglah sangat menggoda lidah kita.

Lebih rinci terkait  Resep Mie Ayam silahkan Klik di sini.


20.Resep Nasi Kuning

Masakan yang satu ini kerap hadir dalam acara – acara tertentu. Di tempat Saya hampir dapat dipastikan setiap acar HUT Republik Indonesia akan dihidangakan nasi kuning ini, dengan disajikan berbentuk Nasi Tumpeng.

Nasi kuning biasanya dapat kita temui pada acara adat, misalnya hari ulang tahun, resepsi pernikahan dll.

Lebih rinci terkait  Resep Nasi Kuning silahkan Klik di sini.


21.Resep Kuah Bakso

Sama dengan Mie Ayam, Bakso sangat disukai oleh kalangan “Hawa” , mungkin karena sama-sama memilki rasa yang gurih, serta dapat dijadikan sebagai makanan jajanan. 

Lebih rinci terkait  Resep Kuah Bakso Kuning silahkan Klik di sini.


22.Resep Capcay

Capcai, dari namanya saja pasti bukan makanan khas tanah air. Masakan ini juga adopsi dari resep manca negara, sebenarny isi dari maskana ini hampir sama deng Soup, bedanya Capcai ini relatif tidak berkuah.

Lebih rinci terkait  Resep Kuah Bakso silahkan Klik di sini.


23.Resep Tempe Bacem

TempeBacem adalah masakan khas Jawa,. Tempe bacem ini konon juga merupakan salah satu kesukaan dari Alm. Sri Sultan HB IX.

Memiliki rasa khas yang cenderung manis, dapat dimakan dengan cara di goreng kembali atau langsung dijadikan lauk. Tempe bacem juga dapat dijadikan camilan.

Lebih rinci terkait  Resep Tempe Bacem silahkan Klik di sini.


24.Resep Tumis Kangkung

Tumis kangkung juga merupakan maskan khas Tanah air, berbahan dasar kangkung, dengan sedikit air. Dengan majunya teknologi informasi, ada beberpa resep tumis kangkung yang sidah divariasi dengan ditambahkannya bumbu lain.

Lebih rinci terkait  Resep Tumis Kangkung silahkan Klik di sini.


25.Bihun Goreng

Bihun goreng sering dibunakan sebagi pelengkap Besekan saat kenduri atau slametan/syukuran. Biasanya menggunakan Bakso yang dipotong atau di iris menjadi beberapa bagian.

Lebih rinci terkait  Resep Bihun Goreng silahkan Klik di sini.


26 Resep Tumis Pare

Buah pare memiliki rasa khas yang pahit dan getir, sehingga dalam pengolahannya memerlukan treatmen tertentu caranya bisa dibaca di 8 Tip Memasak Pare Agar Rasa Pahit dan Getirnya Hilang.  

Lebih rinci terkait  Resep Tumis Pare silahkan Klik di sini.


LihatTutupKomentar