Bagaimana Membuat Resep Ayam Geprek Anti Gagal? -->

Bagaimana Membuat Resep Ayam Geprek Anti Gagal?

 Bagaimana Membuat Resep Ayam Geprek Anti Gagal?


Bagaimana Membuat Resep Ayam Geprek Anti Gagal?

Sebagaimana dikeyahui saat ini Ayam Geprek telah menjadi salah satu menu favorit saat ini. Ayam Geprek sebenarnya merupakan salah satu resep masakan khas dari kota Yogyakarta,  ayam goreng yang di campur dengan sambal bajak atau sambal dadakan. Coba anda berkeliling di sekitaran wilayah tempat tingga kitapasti dapat kita temukan, krena memang Ayam Geprek ini sudah menjadi makanan favorit. 

Baca Juga 25 Resep Masakan Indonesia

Sebenarnya  Ayam geprek ini hampir sama dengan ayam Penyet, sama-sama di capur denga sambal dalampenyajiannya. Namun demikian dari segi resep atau bahan yang digunakan maka Ayam Penyet lebih komplit dan lengkap, hampir emua bahan dicampurkan, sebut saja bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jahe, kunyit, daun salam, dan rempah lain nya.

Ayam Geprek bisa dibilang juga merupakan hasil perpaduan dari masakan manca negara dan asli Indonesia, karena ayam yang digoreng dengan campuran tepung (masakan luar negeri) dan campuran saus yang diganti dengan sambal bajak atau sambal dadakan. 

Nah tidak herankan karena sangking booming-nya maka akan mudah ditemukan hampir di setiap tempat. Bagi anda yang menyukai bisnis kuliner ada baiknya mengambil kesempatan ini, dengan membuka rumah makan ataupun resto secara online Ayam Geprek ini. Alasan lain selain booming adalah bahan resep ayam geprek yang mudah didapat dan terbilang relatif murah 

Jika anda tidak mau repot untuk membeli bahannya, anda dapat browsing melalui internet untuk membeli secara online (karena sudah banyak dapat dijumpai di toko online), namun saran saya sih beli offline saja dengan mendatangi pasar tradisional karena relatif akan lebih murah (untuk menekan biaya produksi) sehingga margin keuntungan yang diperoleh akan lebih besamer. 

Baca Juga Resep Tumis Pare

Selanjutnya marilah kita mulai memasak, berikut resep geprek ayam anti gagal yang dapat dibuat sendiri sendiri, mudah dan praktis untuk rumah atau dijual.

Resep Ayam Geprek anti gagal, Mudah dan Praktis

Bahan atau resep ayam Geprek yang perlu disiapkan:

  •  Ayam cincang sebanyak 1 Kg
  • Telur Ayam sebanyak 1 butir
  • Tepung terigu dengan massa kering sebanyak 500 gram 
  • Tepung terigu ke / Dyer massa basah sebanyak 250 gram 
  • Tepung jagung sebanyak 5 sendok makan
  • Bawang putih, cincang halus sebanyak 6 siung 
  • kapur
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  • Lada sebanyak 1/4 sdt
  • Jamur bumbu sebanyak 1/2 sendok teh 
  • Garam sebanyak 1 sendok teh 
  • Saus tiram sebanyak 1 sendok makan
  • Gula sebanyak 1/2 sendok teh
  • Air dan es, untuk rasa

Bahan untuk memasak samba ayam Geprek:

  • Cabe rawit sebanyak 20 butir
  • Lada merah sebanyak 10 butir
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Minyak sayur sesuai selera
  • Garam, gula, penyedap, rasa secukupnya

Cara memasak ayam Geprek

Berikut adalah cara dan langkah-langkah untuk memasak Ayam Geprek:

  1. Pertama masukkan kedalam mangkuk potongan-potongan ayam, kemudian lumuri dengan bumbu, jeruk nipis dan garam.
  2. Lanjutkan proses, lumuri ayam dengan setengah bawang putih yang sudah dicincang halus, kemudian taburkan lada bubuk secukupnya, saus tiram, garam, gula dan penyedap jamur. Setelah selesai, agar bumbu yang sudah dicampur dengan potongan ayam lebih meresap dan lebih empuk nantinya, maka diamkan semalaman di dalam kulkas.
  3. Siapkan bahan sebagai celupan ayam, dengan cara mencampur kemudian kocok tepung terigu, telur dan air es hingga adonan agak mengental. Kemudian taburkan sedikit garam dan aduk sampai rata.
  4. Untuk bahan kering, siapkan tepung terigu, maizena, bawang putih cincang, lada bubuk, baking powder, garam dan penyedap jamur. Aduk sampai rata.
  5. Setelah didiamkan semalaman,  kelurakan ayam dari kulkas, siapkan ayam yang sudah dibumbui, kemudian celupkan ayamtersebut ke dalam adonan kering sampai rata ke seluruh permukaan ayam tertutup bahan kering.
  6. Setelah rata semua, celupkan ke dalam adonan basah sampai rata, lalu celupkan lagi ke dalam adonan kering, kemudian goreng di minyak panas hingga ayam terendam.
  7. Goreng dengan api kecil selama 15 menit sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  8. Untuk membuat sambalnya, haluskan semua bahan sambal, namun jangan sampai terlalu halus.
  9. Panaskan minyak bekas menggoreng ayam sampai minyak benar-benar panas.
  10. Setelah minyak panas, siramkan ke atas sambalyang sudah di haluskan tadi sambil terus di aduk hingga rata.
  11. Sajikan ayam di piring lalu penyet atau tekan ayam memakai ulekan kayu sampai remuk, kemudian siramkan sambal diatasnya.
  12. Ayam goreng geprek crispy siap dihidangkan!

Baca Juga  8 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pare

Nah sekarang anda sudah mengetahui resep ayam geprek anti gagal  yang mudah dan praktis yang bisa buat jualan dataupun kudapan di rumah. Resep ayam geprek praktis ini bisa kamu aplikasikan di rumah untuk menu makanan mudah sehari-hari.

Jika kamu ingin mulai bisnis makanan ayam geprek, sebaiknya kamu jual dan berikan ke pelanggan setelah benar-benar baru selesai dimasak. Hal ini bertujuan agar makanan tetap fresh dan masih hangat saat dimakan oleh konsumen.Bagaimana Membuat Resep Ayam Geprek Anti Gagal?

Memulai bisnis ayam geprek juga relatif mudah karena bahan-bahannya yang bisa dengan mudah kamu dapatkan. Bahkan, sekarang kamu tidak perlu keluar rumah untuk membeli bahan-bahan untuk membuat ayam geprek.


Selamat mencoba.

Resepema.my.id

LihatTutupKomentar